Indonesian version
Jangan bandingkan kapasitas Indonesia
dengan negara lain dalam menghelat acara olahraga tingkat internasional. Karena
masing-masing negara tentunya mempunyai karakteristik, pemahaman, dan respon
yang berbeda dalam partisipasi global. Belajar dan membangun adalah hal yang
tepat. Begitupula kaitannya dengan partisipasi kita sebagai sebuah bangsa dalam
olahraga global. Asian Games nanti dinilai menjadi momentum besar untuk
memperlihatkan ke mata dunia dan masyarakat Indonesia, siapa bangsa Indonesia?
Sejauh apa Indonesia dapat berpartisipasi dalam masyarakat global (olahraga)?
Seperti apa pemahaman Indonesia akan olahraga global yang telah disadari oleh
banyak negara sebagai rantai bisnis yang besar.
Sport is a story we tell ourselves about ourselves (Martell,2010),
menunjukkan identitas sebuah masyarakat dan negara dalam lingkup global.
Signifikansi identitas negara dalam lingkup global kali ini mencakup bidang
olahraga sebagai institusi atau agen sosial. Glokalisasi yang sering
didengungkan para pakar sosial, ekonomi dan politik menjadi semakin berperan
karena tanpa identitas, sebuah negara akan tenggelam dalam arus globalisasi dan
hanya mengekor di belakang negara lainnya. Olahraga menjadi kendaraan yang
semakin diperhitungkan untuk membentuk identitas sebuah negara, menyalurkan
nilai-nilai masyarakat, di saat interaksi sosial, ekonomi, dan politik menjadi
latar atau alasan para pelaku yang menjalankannya.
Untuk itulah di saat Afrika
Selatan menemukan identitasnya sebagai bangsa yang bangga dan patriotik (lihat artikel sebelumnya), kali
ini saya menanti apa yang Indonesia temukan untuk dapat menjadi salah satu
pemimpin Asia pada Asian Games nanti. Pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah
kompetisi olahraga internasional pada tahun 1962 untuk Asian Games ke-4 dan
setelahnya menghelat Games of the New
Emerging Forces (GANEFO) besutan Soekarno. Hal ini tidak dapat dibandingkan
dengan perkembangan negara adidaya seperti Inggris yang sejak tahun 1908 telah
menjadi tuan rumah Olimpiade. Sehingga peran setiap negara dalam partisipasi
global berbeda tergantung kapasitas dan pemahaman pelaku yang menjalankannya.
Kali ini kesadaran pemerintah
Indonesia bahwa sebuah negara tidak dapat berperan aktif tanpa bantuan
institusi atau pelaku lain dibuktikan dengan melibatkan Qatar, Korea Selatan,
dan Tiongkok dalam menyalurkan informasi serta pengetahuan berharga untuk Asian
Games 2018. Membuka berbagai saluran termasuk komunikasi dapat menjadi langkah
awal untuk Indonesia dalam berpartisipasi aktif di tengah olahraga global.
Tapi apakah cukup? Pertanyaan itu
hanya bisa dijawab oleh pemerintah dan kita sebagai pendukung setia. Pemerintah
merupakan pemimpin dan pelindung teratas yang amat signifikan dalam industri
olahraga. Sehingga apapun kebijakan ataupun produk yang dihasilkan akan
berdampak bagi para pelaku dibawahnya yang berperan dalam industri tersebut.
Ada banyak pelaku yang berfungsi penuh untuk mendukung industri olahraga
terutama saat menghelat kompetisi berskala internasional, salah satunya adalah
peran public relations dan media.
Pelaku yang turut memegang peran
strategis dalam merumuskan identitas bangsa, menyampaikan narasi yang tepat
dengan cara terbaik agar dapat diterima oleh khalayak luas. Hal ini yang
mungkin patut disadari oleh pemerintah terutama Kementerian terkait dalam
menyiapkan Asian Games 2018. Bahwa fungsi PR dan media dalam mengemas sport mega-event sebaiknya menjadi salah
satu urutan teratas selain menyiapkan infrastruktur dan bina prestasi.
Melibatkan seluruh kementerian adalah hal bijaksana, apalagi menyiapkan ahli PR
pada posisi – posisi strategis. Karena Asian Games tidak hanya soal kompetisi
olahraga semata. Namun aspek politik, pariwisata, perdagangan, sosial budaya,
serta lainnya turut bermain dan butuh kemasan apik nan konsisten saat
menunjukkannya ke mata dunia.
English version
Let’s not compare our capacity
with the other countries’ in hosting the international sporting event. That is
because every country has its own characteristic, understanding, and response
in a global participation. The right thing to do is learning and building our
own capacity, which can be practiced in a global sport participation as a
nation. The next Asian Games will be our big momentum to show the world and our
people, who we really are. How far Indonesia can participate in a global sport
field. How is our understanding can help us to contribute better than we have
been already known.
Because sport is a story we tell
ourselves about ourselves (Martell,2010), to show our identity to the people
and the global audiences. Here, the significance of nation’s identity within
the global sport can be a ‘soft power’ for a nation to stand out from the crowd.
By bringing our own local identity to participate in a global scale, we start
to adapt the ‘glocalisation’ practice. The term is widely promoted by social,
economic, and political expert. It plays an important role for a nation to show
their identity in order not to be drawn in a global industry as a follower.
Sport is one of the important vehicles to construct the identity of a nation,
preserve and diffuse social values, in the context of social, economic, and
political interactions between the actors/agents.
Therefore, when I know South
Africa found their identity in a World Cup as a proud and patriotic nation (refer to previous article), now
I am waiting for the identity to be embedded with my beloved country in order
to be one of the leading countries in Asia. The year of 1962, the 4th
Asian Games, that was the first time for Indonesia to host the international
sporting event and in the same year, our first president, Soekarno, initiated Games of the New Emerging Forces
(GANEFO). We know those records cannot be compared with what developed
countries have, such as England who had hosted the Olympic Games since 1908.
Hence, the role of every nation to participate in a global sport depends on
their capacity and the role of the actors who involve.
Recently, the Indonesia
government show a right move when they start to engage the other countries who
are likely well-experienced in hosting international sporting event, such as
Qatar, South Korea, and China. Their involvement to share their knowledge will
be helpful for us to develop the master plan carefully and to integrate all
sectors not only sport achievement. By opening the communication channel to the
other side will be a good starting point to participate in a global sport.
But is that enough? The question
perhaps can be only answered by the government and we will fully support them.
The government as our patronage plays a significance role to lead the way of
sport industry and the development. Therefore, whatever their policy and
products will determine the way other actors support the industry. There are so
many actors who will be fully-functioned and work within the field especially
when the international sport event is being held, one of the actors is the
public relations and the media.
They also have a strategic role
in designing the nation’s identity, construct the narration and convey it
through the suitable medium for the public to be clearly understood. The
government should aware of this role especially the local government as well
as the Ministries who have been involved in Asian Games 2018 preparation. The
function of PR and media to narrate the sport mega-event should be placed in the important list or agenda besides preparing the infrastructure and athletes
development. Involving all of the ministries together will be wise, even more
providing PR expert in strategic line. Asian Games is not only the matter of
sporting competition. There are other sectors that need to be considered such
as, politic, tourism, trade, social culture, and other important areas.
Therefore, we need to speed up and prepare the story line how we can tell our
story to the world in a consistent and powerful way.
Sumber :
Martell, L. (2010) The Sociology of
Globalization. Cambridge: Polity Press
Metrotvnews.com. 2014. Persiapan Asian Games
2018, Indonesia Dibantu Tiga Negara. [Online] Available at http://olahraga.metrotvnews.com/read/2014/10/07/301811/persiapan-asian-games-2018-indonesia-dibantu-tiga-negara
· Gatra.com. 2014. Rakor Tingkat Menteri untuk
Persiapan Asian Games 2018. [Online] Available at http://www.gatra.com/berita-kemenpora/65621-rakor-tingkat-menteri-untuk-persiapan-asian-games-2018.html
Tiati pakai jasa pinjol home credit guys, Internalnya busuk , yudif surya head sales analyticsnya tukang fitnah, hobbynya playing victim, bikin cerita bohong buat fitnah org lain, KPI org lain di manipulasi buat nutupin kesalahannya, jgn sampai dicurangin ama mreka
ReplyDelete